Google Translator

Photobucket Photobucket Photobucket Photobucket Photobucket Photobucket Photobucket Photobucket Photobucket Photobucket Photobucket

Kamis, 03 September 2009

Gempa Menghadang Mesji Tetap Kokoh

Masjid Al Alam Marunda, atau lebih dikenal sebagai Masjid Si Pitung, tetap berdiri kokoh meski sempat terkena guncangan gempa yang terjadi pada Rabu (2/9) kemarin. Meski sudah berusia empat abad, Masjid yang terletak di Jalan Marunda Pulo, Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara ini tidak mengalami kerusakan sedikitpun kendati diguncang gempa berkekuatan 7,3 skala richter yang berpusat di Tasikmalaya tersebut.

"Kemarin di Masjid ini juga terasa goyang. Tapi setelah saya cek, enggak ada yang rusak sama sekali," kata Pengurus Masjid Al Alam Haji Sambo bin Abdullah kepada Kompas.com, Kamis (3/9).

Sambo mengaku sempat khawatir akan terjadi kerusakan pada masjid karena gempa tersebut. Maklum, material bangunan masjid tersebut sudah sangat tua. Sejak didirikan pada 1640, tidak ada pernah dilakukan perombakan terhadap struktur asli masjid yang merupakan salah satu cagar budaya di Provinsi DKI ini. "Tembok dan tiang-tiangnya masih asli. Enggak ada yang diubah," kata Sambo.


Pria berusia 64 tahun ini menuturkan, bahwa memang sering terjadi fenomena keajaiban pada masjid yang konon didirikan oleh Walisanga ini. Menurutnya, karena terletak di wilayah pesisir pantai, setiap bangunan di sekitar masjid tersebut, setiap tahun selalu mengalami penurunan ketinggian tanah. Namun hal tersebut tidak terjadi pada Masjid Al Amin. "Rumah-rumah yang lain pasti makin amblas, tapi masjid ini kayaknya malah makin naik," ujar Sambo.

Karena itu ia tidak merasa heran jika masjid yang sempat menjadi persembunyian tokoh legenda si Pitung ini tetap berdiri tegak meski diguncang gempa. "Ya inilah salah satu bukti kebesaran Allah. Buktinya enggak ada yang rusak sama sekali," tandasnya.

1 komentar:

  1. pertamax...

    itulah kebesaran Allah SWT, rumahNya pasti dpt perlindunganNya... sekaligus semua itu mengingatkan kita umat islam khususnya untuk tidak melupakan Allah SWT

    BalasHapus

Related Posts with Thumbnails
 

Banner Sahabat Gempita

gubuk blekenyek
Photobucket
Photobucket

Grey Floral ©  Copyright by Gempita Dunia Sumber Informasi Dunia | Template by Blogger Templates | Blog Trick at Blog-HowToTricks