Google Translator

Photobucket Photobucket Photobucket Photobucket Photobucket Photobucket Photobucket Photobucket Photobucket Photobucket Photobucket

Kamis, 03 September 2009

Tasikmalaya Berguncang

Gempa Tektonik 7,3 Skala Richter baru saja terjadi sehari yang lalu dimana Gempa Tektonik cukup besar ini terasa sampai Jakarta, Banten dan Yogyakarta di posisi 8,24 Lintang selatan dengan kedalaman 30 KM dari laut di sekitar Barat Daya Tasikmalaya. Mengguncang beberapa daerah di Jawa Barat terasa di beberapa daerah Garut, Tasikmalaya, Bandung, Cianjur, Kerawang, Bekasi, Bogor serta Jakarta ini sempat membuat panik warga yang berhamburan keluar. Tasikmalaya Selatan tidak bisa dihubungi sampai saat ini kemungkinan komunikasi putus karena Handphone dan Telepon tidak bisa dihubungi, saat mengecek beberapa teman yang berada disana.


Berita dari Sukabumi beberapa warga yang menyampaikan bahwa beberapa Gedung Terjadi Kerusakan kaca pecah-pecah. Gempa yang besar pasti diikuti gempa-gempa susulan.BADAN METEOROLOGI KLIMATOLOGI DAN GEOFISIKA menyebut Pusat Gempa sekitar daerah Tasikmalaya.

Gempa ini mengguncang Jakarta dan beberapa daerah di Jawa Barat. Tasikmalaya dan Sukabumi yang 142 KM Barat Daya Tasikmalaya, BMKG (Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika) memberikan laporan kepada warga bersiaga mengenai potensi tsunami. Gempa yang kekuatannya diperkirakan lebih kuat dan lebih besar dibanding Gempa yang pernah terjadi di Yogyakarta ini disinyalir berpotensi Tsunami.


Pusat Pengendalian Krisis (PPK) Departemen Kesehatan mencatat hingga pukul 22.00 WIB jumlah korban yang meninggal dunia akibat gempa yang mengguncang sebagian wilayah Jawa Barat dan DKI Jakarta, Rabu (2/9) pukul 14.55 WIB dilaporkan sebanyak 33 orang.
  
Selain itu, menurut Kepala PPK Departemen Kesehatan Rustam S Pakaya di Jakarta, Rabu malam, gempa berkekuatan 7,3 Skala Richter yang berpusat di 142 km barat daya Tasikmalaya, Jawa Barat, tersebut juga menyebabkan 305 orang terluka dan 40 orang hilang.
  
Jumlah korban meninggal dunia di Provinsi Jawa Barat dilaporkan sebanyak 32 orang dengan rincian enam orang di Kabupaten Bandung, 11 orang di Cianjur, empat orang di Garut, tiga di Kabupaten Tasikmalaya, satu orang di Kota Tasikmalaya, enam orang di Banjar dan satu orang di Sukabumi. Guncangan gempa juga menyebabkan satu orang meninggal dunia dan 38 orang terluka di DKI Jakarta.
  
Gempa juga mengakibatkan rumah penduduk dan bangunan publik rusak. Departemen Kesehatan dan Dinas Kesehatan setempat, kata Rustam, telah mengirimkan tim medis dan bantuan logistik yang dibutuhkan untuk menangani korban bencana."Sampai sekarang keadaan masih terkendali," kata Rustam.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails
 

Banner Sahabat Gempita

gubuk blekenyek
Photobucket
Photobucket

Grey Floral ©  Copyright by Gempita Dunia Sumber Informasi Dunia | Template by Blogger Templates | Blog Trick at Blog-HowToTricks