Google Translator

Photobucket Photobucket Photobucket Photobucket Photobucket Photobucket Photobucket Photobucket Photobucket Photobucket Photobucket

Jumat, 08 Oktober 2010

Apakah Pisang Bikin Gemuk?

Sebagian orang memusuhi pisang karena berpikir pisang bisa menyebabkan kegemukan. Memang, dibandingkan buah-buahan yang mengandung lebih banyak air, pisang memiliki tekstur lebih creamy. Tak heran jika ada yang menganggap pisang bisa bikin gemuk. Namun, Martica Heaner, Ph.D., M.A., M.Ed., ahli kebugaran mengatakan tak selalu begitu.

Menurut Heaner, pisang memiliki kandungan sekitar 100 kalori. Itu setengahnya dari minuman energi. Pisang memang memiliki lemak, namun hanya sedikit, dan merupakan jenis lemak yang baik. Tak hanya itu, pisang pun memiliki sedikit kandungan protein, serta kandungan nutrien lain, seperti vitamin C, vitamin K, vitamin A, beta karoten, lutein, dan zeaxanthin, dan banyak vitamin B.

Diterangkan lebih lanjut ahli kesehatan MSN ini, pisang merupakan camilan yang mengandung karbohidrat, potasium, dan magnesium, yang bisa terhilang selama sesi latihan yang keras. Jadi, jika dimakan sebelum olahraga, Anda bisa mengembalikan energi dan elektrolit yang terhilang. Plus, setiap potong buah pisang, terdapat 3 gram serat. Ini akan membuat pisang menjadi makanan yang mengenyangkan.

Ternyata, dibandingkan buah-buahan lain, pisang memiliki gula buah yang lebih tinggi ketimbang buah lain, namun gula buah bukan gula yang sangat berbahaya atau membuat gemuk. Karena kalori dalam buah pisang tidak terlalu banyak, jumlah gula alami pada pisang tak perlu terlalu dipusingkan.

"Jika Anda mengkonsumsi sekitar 10 pisang, sekitar 1.000 kalori, Anda tentu bisa jadi gemuk karenanya. Namun, kemungkinan terbesar Anda tak akan kuat memakan 10 buah pisang sekaligus. 1-2 buah saja sudah cukup mengenyangkan. Namun, untuk makanan yang diproses, seperti burger, kentang goreng, milkshake, dan lainnya dengan mudah mengisi tubuh Anda dengan 1.500 kalori," jelas Heaner.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails
 

Banner Sahabat Gempita

gubuk blekenyek
Photobucket
Photobucket

Grey Floral ©  Copyright by Gempita Dunia Sumber Informasi Dunia | Template by Blogger Templates | Blog Trick at Blog-HowToTricks