Google Translator

Photobucket Photobucket Photobucket Photobucket Photobucket Photobucket Photobucket Photobucket Photobucket Photobucket Photobucket

Sabtu, 09 Oktober 2010

Nge GYM? Hati-hati dengan kuman

Kuman paling senang lingkungan yang hangat dan lembap. Gym adalah salah satunya. Supaya tidak terkena penyakit akibat kuman di peralatan gym, lakukan pencegahan. Apa saja yang patut diperhatikan saat sedang berada di gym?

Intai sebelum mulai
Sebelum mulai bergabung dengan fitness center mana pun, lakukan inspeksi. Pastikan bahwa alat-alat di sana masih dalam keadaan baik dan bersih. Pastikan mereka memiliki staf kebersihan yang cukup, dan area loker serta tempat berlatih dalam keadaan bersih. Cek pula ventilasinya. Gym yang lembap hanya akan menjadi pusat utama sirkulasi infeksi.

Hindari bertelanjang kaki
Anda pasti tahu, gym adalah pusatnya orang berkeringat. Dari ujung kepala hingga ujung kaki. Sebagian orang, memiliki masalah dengan kondisi kulit kaki yang diakibatkan oleh kelembapan kulit kaki. Maka, jangan sampai kaki Anda tertular masalah penyakit kaki. Pakailah sandal jepit jika Anda berada di ruang mandi, sauna, dan lokasi lain jika Anda selesai berolahraga dan ingin melepas sepatu.

Jangan bertukar alat bantu latihan dan kontak fisik
Kadang, Anda lupa membawa deodoran atau alat bantu latihan seperti ikat tangan, atau handuk kecil. Jika itu terjadi, hindari meminjam dari teman Anda. Hal ini bisa dengan mudahnya memindahkan kuman yang ada di sekitar Anda. Anda bisa terkena flu, panu, dan lainnya.

Tutup lukanya
Perhatikan kulit Anda. Apakah ada bagian tubuh yang sedang terluka. Meski kecil, luka pada kulit bisa terinfeksi oleh bakteri. Pastikan Anda menutup luka tersebut sebelum mulai berolahraga di gym. Anda tak tahu apa saja yang akan menyentuh tubuh Anda pada saat berlatih.

Disinfektan

Tak ada salahnya membawa penyemprot disinfektan kecil saat akan berlatih untuk mengelap peralatan sebelum mulai berlatih. Ini kan untuk kesehatan Anda. Anda bayar gym untuk sehat, bukan untuk tertular penyakit.

Jangan telanjang
Nampaknya adalah hal yang umum untuk sebagian perempuan berjalan ke sana ke mari di ruang loker tanpa busana. Tak perlu iri atau merasa tertantang untuk melakukan hal yang sama. Selalu kenakan handuk saat Anda berada di ruang loker, karena Anda tak mau kan berinteraksi dengan kuman dan bakteri yang ada di sekitar Anda saat Anda sedang telanjang?

Bawa tempat minum sendiri
Jangan tergantung dengan air minum yang disiapkan oleh tempat pusat kebugaran, apalagi cangkir yang mereka pinjamkan. Tempat minum bersama adalah salah satu tempat perkembangbiakan bakteri dan virus. Lebih baik jika Anda membawa sendiri air dan tempat minumnya.

Jaga tangan Anda

Jika memungkinkan, jagalah tangan Anda untuk tidak menyentuh wajah saat sedang latihan. Tangan Anda yang sudah menyentuh banyak alat, pintu, dan lantai bisa saja menyimpan banyak kuman. Saat Anda menyentuh wajah, bakteri itu dengan mudahnya masuk ke hidung, mulut, dan telinga.

Mandi
Sebaiknya, seusai berolahraga di gym, Anda menyempatkan diri untuk mandi. Jika tak sempat mandi atau tak ingin mandi di kamar mandi gym, sempatkan untuk mencuci tangan dengan seksama.

sumber : www.kompas.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails
 

Banner Sahabat Gempita

gubuk blekenyek
Photobucket
Photobucket

Grey Floral ©  Copyright by Gempita Dunia Sumber Informasi Dunia | Template by Blogger Templates | Blog Trick at Blog-HowToTricks